Selasa, 11 Juni 2013

Siap Terdepan Untuk Kepentingan Rakyat



KAPPU : Caleg Harus Siap Melayani Rakyat

Foto : Imral Gusti

NUNUKAN – DPC Partai Bulan Bintang Kab. Nunukan terapkan mekanisme penjaringan bakal calon legislatif yang diharapkan bisa mendulang suara pada pemilu legislatif 2014 mendatang.
Menurut Ketua Komite Aksi Pemenangan Pemilihan Umum (KAPPU)  Imral Gusti, saat ini pihaknya menerapkan mekanisme perekrutan bakal caleg. Mekanisme yang digunakan adalah dengan memberikan peran kepada pengurus-pengurus partai di daerah baik DPC maupun PAC  dan Pengurus Ranting untuk mengusulkan nama-nama bakal caleg.
Proses selanjutnya adalah mengkalkulasi nama-nama yang telah diusulkan tersebut hingga mencapai dua kali jumlah kursi di parlemen, dan nama-nama tersebut harus melalui tahap pengkaderan termasuk bakal caleg yang berasal dari luar partai seperti Kades dan Pensiunan PNS.
Dikatakannya , pihaknya sudah memverifikasi berkas, dan uji kemampuan bakal caleg dengan mengacu pada kriteria seperti tokoh lokal yang sejalan dengan cita-cita partai, mau menerima AD/ART, dan taat hukum, dikenal masyarakat luas, berkomitmen besarkan partai, siap melayani rakyat, cerdas, amanah, dan istiqomah.
"Meskipun masih normatif, tapi persyaratan itu menjadi acuan PBB. Yang pasti, prioritas PBB adalah tokoh lokal karena sistem pemilu masih menggunakan proporsional terbuka atau suara terbanyak," tuturnya.
Imral mengungkapkan bahwa partainya juga lebih memprioritaskan tokoh yang memiliki pengaruh kuat di masyarakat untuk dijadikan caleg, termasuk legislator yang memang sudah punaya basis massa. Partai Bulan Bintang, kata dia, telah melakukan survei terhadap tokoh tersebut di dapil yang bersangkutan untuk mengetahui sejauh mana penerimaan masyarakat terhadap tokoh yang bersangkutan. “ Yang jelas seleksi ini cukup ketat, dari 47 nama bacaleg yang kembalikan formulir, hanya 25 nama yang akan diusulkan di tingkat kabupaten, 3 nama bacaleg diusulkan ditingkat propinsi, dan 1 nama diusulkan sebagai bacaleg pusat,” katanya.
Selanjutnya dikatakan, nama-nama bacaleg yang lolos verifikasi sudah diserahkan ke Pengurus DPC PBB untuk mendapatkan persetujuan. Sedangkan untuk penyerahan ke KPUD dijadwalkan pada Minggu 14 April besok. “Insya Allah 14 April kita daftarkan, sesuai nomor urut Partai Bulan Bintang,” pungkas Imral. *GAZALBA TAHIR 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar